Kualitas tidur adalah kedalaman tidur yang tercapai ini dapat dilihat ketika anak sedang tidur apakah anak membolak balikan tubuh dengan gelisah dan merasa lelah atau lemas keesokan harinya. Konsentrasi belajar adalah pemusatan pikiran atau perhatian pada suatu objek. Konsentrasi belajar dipengaruhi oleh kualitas tidur selain itu dipengaruhi juga modalitas belajar, psikologi, dan lingkungan. Berdasarkan latar belakang peneliti tertarik meneliti apakah ada hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah di SD N 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 42 siswa dari kelas 4 sampai kelas 5 di SD N 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis univariat dan analisis bivariat (chi-square). Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa siswa memiliki kualitas tidur yang tidak baik sebanyak 25 siswa (59,5%) dan sebagian besar siswa juga tidak berkonsentrasi atau tidak fokus dalam pembelajaran sebanyak 23 siswa (54,8%). Hasil uji chi-square? value 0,000 (nilai p < 0,05) ada hubungan signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada anak usia sekolah di SD N 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan.Kata Kunci : Kualitas tidur, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Sekolah
Copyrights © 2014