Abstrak :Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan pembelajaran dan melihat bentuk pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, serta untuk menganalisis faktor pendorong dan penghambat guru memberikan pembelajaran Pendidikan Jasmani di SLB YPPLB Kota Padang. Pembelajaran Pendidikan Jasmani merupakan pembelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan, menjadi kewajiban pemerintah dan pihak sekolah untuk memberi pembelajaran Pendidikan Jasmani kepada siswa sesuai dengan keadaan yang dimiliki siswanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang mengambil lokasi di SLB YPPLB Kota Padang. Informan dalam penelitian ini adalah Kepela Sekolah, Wakil Kurikulum dan Wali Kelas SLB YPPLB Kota Padang. Perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani di SLB YPPLB diawali dengan langkah-langkah penyusunan perencanaan pembelajaran melalui penyusunan program yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik yang bersangkutan. Pelaksanaan pembelajarannya 1x seminggu pada hari sabtu untu seluruh peserta didik, dengan pendekatan individual dari wali kelas. Selanjutnya faktor yang menjadi pendorong dan penghambat guru memberikan pembelajaran Pendidian Jasmani di SLB YPPLB diantaranya faktor pendorong adalah kurikulum dan faktor dari dalam diri seorang guru. Faktor penghambatnya ialah pembelajaran harus di lakukan secara berulang-ulang, siswa yang beraneka ragam kebutuhanya dan sarana prasarana yang belum melengkapi kebutuhan siswa sepenuhnya.
Copyrights © 2020