Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui sejauh mana pengaruhkualitas pelayanan pemerintahan desa terhadap tingkat kepuasan masyarakatdalam pembuatan kartu keluarga di  Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember”.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan analitikkuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah Pemerintahan Desa Ambulu KecamatanAmbulu Kabupaten Jember bagian Selatan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kepala keluarga di Desa Ambulu Kecamatan AmbuluKabupaten Jember bagian Selatan yaitu 4626 kepala keluarga. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan olehSlovin dalam Umar (2004:107) yaitu 40 kepala keluarga.Analisis data menggunakan analisis Korelasi Pearson Product Moment, sedangkan kriteriapengambilan keputusannya dapat dilihat dari besarnya koefisien korelasi setelah dilakukan perhitungan menggunakan SPSS 16 for Windows adalah -1≤r ≤ 1. Berdasarkan pada analisis data dengan menggunakan analisis RankSpearmans menunjukkan bahwa Ha diterima yang artinya ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasilperhitungan t test untuk korelasi rs antara variabel kualitas pelayanan (X) terhadap tingkat kepuasan (Y)menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuatantara variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan masyarakat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013