Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 1 (2019): RANGE Juli 2019

APAKAH THINK-PAIR-SHARE DAPAT MENGURANGI KECEMASAN MATEMATIKA SISWA SMP?

Wua Laja, Yosepha Patricia (Unknown)
Retnawati, Heri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Kecemasan yang dialami para siswa dapat mempengaruhi bagaimana siswa tersebut berpikir, bertindak dan berhubungan dengan pelajaran matematika. Salah satu solusi yang digunakan untuk mengurangi kecemasan matematika siswa adalah dengan menerapkan suatu teknik pembelajaran kooperatif think-pair-share. Teknik ini diawali dengan berpikir tentang jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh guru, berpasangan untuk mendiskusikan jawaban dan berbagi dalam kelompok yang lebih besar. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk melihat apakah teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Tanggart yang terdiri dari dua siklus dengan tahap awal menyusun target pencapaian indicator keberhasilan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kecemasan siswa pada kondisi awal sebesar 96 (Tinggi), kemudian menurun menjadi 85 (Tinggi) pada siklus I dan 73 (Sedang) di akhir siklus II. Sedangkan presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan teknik think-pair-share pada akhir siklus I sebesar 75,5% dan pada akhir siklus II sebesar 87%. Hal ini mengindikasikan bahwa dengan memberikan tindakan berbagi jawaban dan menjelaskan di depan kelas bersama pasangan kepada teman-teman lain pada penerapan pembelajaran kooperatif teknik think-pair-share dapat mengurangi kecemasan matematika siswa SMP.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...