Discovery : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol 4 No 01 (2019): Discovery Vol. 04 No. 01 Tahun 2019

MISKOMUNIKASI SISWA TERHADAP TUTURAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS II SDAI ELKISI MOJOKERTO

Purwono, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian dengan judul Miskomunikasi Siswa terhadap Tuturan GuruDalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDAI eLKISI Mojokerto bertujuanmendiskripsikan wujud, penyebab, respon dan karakteristik miskomunikasi siswaterhadap tuturan guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Datapenelitian berupa transkripsi komunikasi guru dengan siswa saat pembelajaran. Sumberdata adalah guru dan siswa. Teknik penelitian yaitu observasi, perekaman, danwawancara. Instrumen pengumpulan data yakni instrument manusia dengan alat bantupedoman wawancara, Handycam dan Tablet Samsung S2. Trianggulasi data dilakukanuntuk menjaga kualitas data. Analisis data menggunakan model analisis mengalir yaitusajian data, reduksi data, kesimpulan sementara dan kesimpulan akhir. Hasil penelitianini adalah klasifikasi dari hasil identifikasi tuturan guru kepada siswa berdasarkanwujud,penyebab,respons guru dan karakteristik miskomunikasi. Kesimpulan dari hasilpenelitian adalah bahwasannya miskomunikasi tidak hanya pada proses penalaran tapijuga dalam kesilapan berbahasa.Kata kunci : tuturan, miskomunikasi, dan pembelajaran tematik

Copyrights © 2019