Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis secara empirik peran kecerdasanemosional dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru studi kasus guru SMK di kecamatanJagakarsa, Jakarta Selatan. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah guru di masing-masingsekolah yang berjumlah N= 520, jumlah subjek yang cukup besar ini diambil antara 10%-15% dandipilih sampel secara acak (random) sebanyak n=52 guru. Metode penelitian yang digunakan adalahsurvei dengan analisis korelasi dan regresi. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner terhadapresponden yaitu kecerdasan emosional, motivasi berprestasi dan kinerja guru. Hasil penelitianmenunjukan terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi berprestasi secara simultanterhadap kinerja guru. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung = 11,240 dan sig. 0,000 < 0,05.Kemudian juga terdapat pengaruh kecedasan emosional (X1) terhadap kinerja guru (Y) dan signifikan.Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung = 2,745 dan sig. = 0,008 < 0,05. Selanjutnya terdapat pengaruhyang signifikan motivasi berprestasi (X2) terhadap kinerja guru (Y). hal ini dapat dibuktikan thitung =2,529 dan sig. = 0,015 < 0,05.Penelitian ini menyarankan dalam kecerdasan emosional dan motivasiberprestasi dalam meningkatkan kinerja guru. Kata kunci: kecerdasan emosional, motivasi berprestasi, kinerja guru.
Copyrights © 2019