Inovasi dalam pembelajaran PAI di SD Inklusi sangat diperlukan di tengahmaraknya pola pembelajaran PAI yang masih berpusat pada SD non Inklusi.Masyarakatmasih kurang memperhatikan keberadaan SD Inklusi sebagai salah satu sekolah dasar yangdiamanati anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya di kabupaten Jombang. Hal inimendasari peneliti mendesain pembelajaran menggunakan model Pembelajaran PAI Realistikberbasis ICT (PPR). Tujuan khusus dari penelitian ini adalah menghasilkan prototipe desainPPR, dan melihat keefektifan penerapannya dalam pembelajaran PAI di SD Inklusikabupaten Jombang. Sedangkan tujuan jangka panjang dari penelitian ini hasil rancangandesain model PPR dapat digunakan sebagai pengayaan bahan ajar dan dapat dijadikanlandasan dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI SD Inklusi. Metode penelitian yangdigunakan adalahDesign Research yang setiap siklusnya terdiri atas tahapan preparation fortheexperiment (persiapan penelitian), design experiment (pelaksanaan desain eksperimen) danretrospective analysis (analisis data yang diperoleh dari tahap sebelumnya). Penelitiandilakukan di 3 SD Inklusi Kabupaten. Langkah yang dilakukan pada tahap preparation forthe experiment (persiapan penelitian) adalah telaah literature, diskusi dengan guru, mendesainmodel pembelajaran PAI Realistik SD Inklusi Berbasis ICT dan telaah desain awal.Sedangkan pada tahap design experiment (pelaksanaan desain eksperimen) dilakukanpengumpulan data dan uji coba di 3 SD Inklusi Kabupaten Jombang. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa model PPR dapat merangsang dan meningkatkan kemampuanpemahaman konsep siswa serta menumbuhkan kecintaan siswa terhadap mata pelajaran PAI.Pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar, respon siswa dan guru juga baik.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016