Wahana Didaktika
Vol. 12 No. 2 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

UPAYA GURU SEJARAH DALAM MENYIASATI TUNTUTAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 PALEMBANG

Muhamad Idris (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2015

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bentuk pengajaran karakter pada mata pelajaran sejarah di SMAN 1 Palembang; (2) Mengetahui kendala-kendala yang ditemui guru dalam pengajaran karakter pada mata pelajaran sejarah; (3) mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala-kendala pengajaran karakter pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Studi kasus yang digunakan adalah studi kasus terpancang tunggal. Kesimpulan penelitian adalah (1) Pembelajaran karakter di SMAN 1 Palembang menggunakan bentuk gabungan, antara model terintegrasi dengan model pembelajaran di luar sekolah; (2) Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pembelajaran karakter di SMAN 1 Palembang adalah variabel karakteristik siswa yang tidak dapat dimanipulasi oleh guru dan karakteristik budayanya; (3) Guru dan sekolah hendaknya mampu membangun kerjasama yang efektif dan efisien untuk koordinasi dan kesepahaman yang mendalam antar pihak terkait yang memiliki kepentingan dalam membangun generasi muda Indonesia. Agar pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa, kondisi sekolah, karakteristik sejarah dan kebudayaan lokal. Kata Kunci:Pendidikan Karakter, Model Pendidikan Karakter, Karakter Budaya, Karakter Bangsa

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...