Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 2: Juni 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V

Lalu Yusman (SDN 1 Midang Gunungsari)
Lindra Defita (SDN 1 Midang Gunungsari)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini siswa kesulitan menulis puisi dengan menyusun kata-kata menjadi sebuah barisan puisi yang indah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Midang Kabupaten Lombok Barat. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 6 Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 dengan ketuntasan klasikal 74% pada siklus I menjadi 75,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus II.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...