Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 2: Juni 2020

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGKONSTRUKSIAN VOLUME BANGUN RUANG

Nurjamilatul Wahdah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sukirwan Sukirwan (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan spasial siswa sekolah dasar melalui pengkostruksian volume bangun ruang. Metode yang digunakan adalah design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment; design experiment (Pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Penelitiaan ini mengembangkan kemampuan spaisal dalam pembelajaran bangun ruang melalui serangkaian aktivitas, prosedur, dan strategi bagi siswa dalam menemukan kemampuan berpikir melalui pendekatan Realistic Mathematic Education. Hasil penelitian ini berupa learning trajectory pada masing-masing aktivitas yaitu: 1) Aktivitas 1, siswa mengenal benda terkait dengan situasi kehidupan sehari-hari yang memiliki kapasitas atau volume kubus dan balok. 2) Aktivitas 2, siswa mampu beralih dari situasi kontekstual ke tingkat yang lebih abstrak yaitu menggambar konstruksi kubus dan balok. 3) Aktivitas 3, siswa mampuĀ  memahami struktur dan menggunakan strategi penataan ruang untuk menentukan jumlah kubus dan balok.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...