Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 2, No 1: JANUARI 2019

Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Siswa Kelas III SD Pada Tema 7 Perkembangan Teknologi

Siti Rohani (Guru Kelas di SDN Rangkep Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana siswa kelas III SDN Rangkep pada tema 7 perkembangan teknologi dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, dan pelaksana tindakan. Penelitiian ini dilaksanakan di SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 20 siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan ketuntasan belajar secara individual dan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap-tiap siklus, dari 35% pada pratindakan meningkat menjadi 60% pada siklus I, peningkatan kambali terjadi pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas III pada tahun pelajaran 2019/2020.Abstract: The purpose of this research is to improve the simple writing skills of grade III students at SDN Rangkep on the theme of 7 technological developments using image media. This research is a class action research with stages, namely (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. In this research researchers act as Action designers, and implementing action. This research was conducted at SDN Rangkep, North Batukliang District, Central Lombok District with a study subject of grade III students as much as 20 students. Data analysis to determine the increase in student learning outcomes is determined by individualized and classical learning. The results showed that the classical guidance of student learning results increased in each cycle, from 35% in the preview increased to 60% in the I cycle, the increase of k occurs in cycle II to 100%. Based on the results of the study, it can be concluded that the use of image media can improve the writing skills of class III students in the year 2019/2020 lesson.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...