Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1, No 2: JUNI 2018

Meningkatkan hasil belajar IPA Siswa Kelas V SDN Rangkep pada Tahun Pelajaran 2017/2018 menggunakan metode Inkuiri

Siti Rohaini (Guru Kelas SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V menggunakan metode inkuiri pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai perancang tindakan, dan pelaksana tindakan. Penelitiian ini dilaksanakan di SDN Rangkep, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 20 siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa ditentukan dengan ketuntasan belajar secara individual dan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada tiap-tiap siklus, dari 35% pada pratindakan meningkat menjadi 60% pada siklus I, peningkatan kambali terjadi pada siklus II menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V pada tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...