Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 1, No 1: Januari 2018

PENGEMBANGAN SUBJEK SPECIFIK PEDAGOGIK (SSP) PRAKTIKUM IPA TERPADU SMP/MTS BERBASIS HOME MATERIALS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nanang Rahman (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kualitas perangkat  Subject  Specific  Pedagogy  (SSP)  Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang  dikembangkan, (2) mengetahui pengaruh perangkat  Subject  Specific  Pedagogy  (SSP)  Praktikum IPA terpadu berbasis home materials yang dikembangkan terhadap motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan 2 tahapan utama, yaitu pengembangan produk dan validasi produk yang dilakukan oleh ahli dan pendidik. Untuk mengetahui kualitas perangkat yang dikembangkan mengunakan instrumen angket kelayakan produk, sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi beajar siswa menggunakan angket yang diberikan sebelum dan setelah perlakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) berdasarkan penilaian ahli dan pendidik terhadap produk buku petunjuk praktikum IPA terpadu berbasis home materials dapat disimpulkan bahwa  produk hasil pengembangan dikategorikan sangat baik sehingga layak untuk digunakan. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai rata-rata angket motivasi peserta didik yang menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas treatment) dengan yang tanpa menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis home materials (kelas kontrol).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...