J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam)
Vol 2 No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2 Juni-Desember 2017

ETIKA DAN MANAJEMEN BISNIS ISLAM (STUDI KASUS DI WARONG STEAK AND SHAKE CABANG SM RAJA MEDAN)

Ar Rahmah, Rizka (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep bisnis Islam dan konsep ma- najemen bisnis Islam yang dilaksanakan di Waroeng Steak and Shake Cabang SM Raja Medan. Waroeng Steak and Shake ini adalah salah satu bisnis kuliner yang melandasi setiap kegiatan bisnisnya sesuai dengan aturan Al-quran dan Sunnah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk teknik valida- si data dilakukan dengan cara menggali informasi dari beberapa informan yang berkaitan langsung dengan bisnis tersebut. Selain itu peneliti juga melakukan observasi langsung di lokasi. Hasil dari analisis penelitian menunjukkan bahwa konsep etika bisnis Islam di Waroeng Steak sudah baik untuk konsep Shiddiq yakni menjamin bahan baik dan halal serta kejujuran dalam bertransaksi. Untuk konsep Tabligh dalam hal penyampaian dakwah melalui bisnis juga sudah baik. Namun ada kelemahan dari segi Amanah yaitu dalam hal pelayanan. Untuk kon- sep Fathanah yaitu kecerdasan spiritual juga perlu ditingkatkan kembali. Kon- sep manajemen bisnis Islam sudah baik dalam hal (1). perencanaan yang men- yangkut lima hal yaitu:  Visi dan Misi, produksi, distribusi, perekrutan karyawan dan jenjang karir (2). pengorganisasian dalam hal pembagian tugas sudah ma- suk dalam kategori baik. Untuk (3) pengawasan juga sudah dalam kategori baik yaitu dengan rutin mengadakan briefieng setiap pagi. (4) pelaksanaan juga su- dah baik yaitu dalam bentuk apresiasi dan spiritual company.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ebis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

The Journal that published by Faculty of Economic and Islamic Busines, State Institut for Islamic Studies (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, This journal focused on Islamic Economics and Finance studies. The Journal is published twice a year on April and October. The aim of the journal is to ...