Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2020): Februari 2020 - Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Penyuluhan Perpajakan dan Pendampingan Pembuatan Kartu NPWP Pada Masyarakat Di Kecamatan Sumalata Timur

Alamri, Annisa Rizqa (Unknown)
Walahe, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat di Kecamatan Sumalata Timur tentang perpajakan serta membrikan kesadaran akan pentingnya wajib pajak, terlebih bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil. Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2013 adalah memberikan pemahaman tentang proses pencatatan keuangan, menghitung besarnya pajak serta pelaporan pajak. Khayalak sasaran pengabdian ini adalah masyarakt di Kecamatan Sumalata Timur, terlebih para pelaku usaha kecil. Persiapan pengabdian ini dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, dimana kami melakukan survey terhadap masyarakat di Kecamatan Sumalata Timur yang sekiranya diundang dalam penyuluhan terkait perpajakan. Selanjutnya, tahap pelaksanaan, yaitu dilakukan dengan memberikan penyuluhan yang bekerjasama dengan Kantor KP2KP Limboto. Kemudian, terakhir adalah tahap pembutan kartu NPWP oleh pihak kantor KP2KP. Hasil kegiatan penyuluhan menunjukan tingkat pemahaman masyarakat terhadap pentingnya pemahaman terhadap perpajakan, adanya respons positif tersebut dilihat dari antusiasme para peserta pelatihan mengikuti kegiatan pengabdian, sebagian besar (85%) peserta telah memahami tentang perpajakan, arti pentingnya pajak, pembuatan NPWP, dan terlebih dapat memahami PP No. 46 Tahun 2013. Kata Kunci: Penyuluhan Pajak, Wajib Pajak, Seminar Perpajakan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...