Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 4 No 3 (2019): Jubindo

PERANTI BAHASA INDONESIA DALAM WACANA KAMPANYE PARTAI POLITIK PESERTA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

Sudaryanto Sudaryanto (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2020

Abstract

Partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 melakukan promosi diri guna mendulang suara di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu cara promosi diri itu ialah membuat wacana kampanye yang memanfaatkan peranti bahasa Indonesia. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam peranti bahasa Indonesia dalam wacana kampanye parpol peserta Pemilu 2019. Data kajian ini berupa alat peraga kampanye (APK) parpol peserta Pemilu 2019 berjumlah 16 buah, khususnya parpol non-daerah Aceh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis konten (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ragam peranti bahasa Indonesia dalam wacana kampanye parpol peserta Pemilu 2019 terdiri atas slogan, repetisi, rima, singkatan, akronim, deiksis persona, nama diri, nama jabatan, dan nama parpol.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jubindo adalah jurnal yang bersifat open peer review yang bertujuan mempublikasikan hasil-hasil penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pengajarannya. Seluruh artikel yang terbit telah melewati proses penelaahan oleh mitra bestari dan penyuntingan oleh redaksi pelaksana. Jubindo ...