Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 6, No 1 (2012)

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA KD BERMAIN PERAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARIM BAGI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009

KASBIYONO KASBIYONO (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2013

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara, siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 GajahDemak tahun pelajaran 2008/2009 belum optimal. Berdasarkan diskusi dengan gurumata pelajaran Bahasa Indonesia siswa yang mampu melakukan keterampilan berbicarakhususnya bermain peran sangat sedikit. Banyak siswa yang enggan, takut, dan raguragu,sehingga proses pembelajaran lebih banyak didominasi guru atau bahkan menjadimacet. Padahal seseorang bisa menguasai suatu keterampilan termasuk keterampilanberbahasa, harus dilandasi dengan latihan dan keberanian. Salah satu faktor yangmempengaruhi keberhasilan pembelajaran keterampilan berbicara pada bermain peranadalah penggunaan media. Salah satu media yang bisa mengatasi masalah itu adalahmedia karim.Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan mediakarim untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada KD bermain peran siswa kelasVIII C SMP Negeri 2 Gajah Demak tahun pelajaran 2008/2009.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan memodifikasi desain KurtLewin dengan dua siklus, yaitu siklus I dan dilanjutkan siklus II. Tiap siklus terdiri atasempat tindakan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.Keterampilan berbicara pada bemain peran dengan menggunakan media karimterbukti dapat meningkatkan hasil pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMP. Haltersebut tampak pada peningkatan pemahaman bermain peran diperoleh daripeningkatan skor rerata prasiklus ke skor rerata siklus I dan dari peningkatan skor reratasiklus I ke skor rerata siklus II. Skor perolehan pada prasiklus adalah nilai terendah 52,nilai tertinggi 72, dan rerata 61,37. Skor perolehan pada siklus I adalah nilai terendah58, nilai tertinggi 78, dan rerata 66,95. Sedangkan skor perolehan pada siklus II adalahnilai terendah 66, nilai tertinggi 84, dan rerata 74,32. Adapun peningkatan skor reratapemahaman bermain peran dari prasiklus ke siklus I adalah 5,58 dan dari siklus I kesiklus II adalah 7,37. Dengan demikian peningkatan skor rerata keseluruhan dariprasiklus ke siklus II adalah 12,95. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan mediakarim dapat meningkatkan hasil pembelajaran keterampilan berbicara pada bermainperan bagi siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Gajah Demak tahun pelajaran 2008/2009.Kata Kunci: keterampilan berbicara, bermain peran, media karim.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...