Abstrak Selama ini prestasi belajar siswa pada pelajaran matematika masih jauh dari harapan kita. Dalam pembelajaran matematika harus diciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan,aktif,dan kreatif. Supaya tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan maka perlu adanya alat bantu pelajaran/alat peraga. Penelitian ini dilaksanakan secara berulang /siklus, dan siklus I peneliti menggunakan media garis bilangan untuk materi operasi bilangan bulat. Namun anak-anak belum sepenuhnya memahami konsep yang kami berikan. Siklus II, dalam siklus II media yanga dipakai diganti dengan media balok garis bilangan dengan prinsip kerja mudah dimengerti oleh anak. Hasil pengamatan (Siklus I) dari team kolaborasi ternyata dari 39 orang siswa, hanya 20 orang siswa yang bisa mengerjakan dengan benar (51, 28 %),sedang yang 19 orang (48,72 %) belum bisa mengerjakan dengan benar. Hasil observasi dan refleksi (Siklus II), hasilnya cukup menggembirakan dari 39 orang siswa terdapat 35 orang siswa (89,74 %) dapat mengerjakan soal dengan benar. Sisanya atau 4 orang siswa (10, 26 %) belum sepenuhnya mampu mengerjakan dengan tepat. Jadi dengan bantuan media balok garis bilangan ini sangat membantu siswa dalam memahami penngurangan bilangan bulat negatif. Kata Kunci : Peningkatan kemampuan, balok garis bilangan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014