Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 2, No 2 (2008)

KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN PROBLEM POSING DENGAN KOMBINASI TUTORIAL ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI MATA KULIAH FISIKA DASAR

Intan Indiati (IKIP PGRI SEMARANG)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keefektifan strategi pembelajaran kooperatif dan pemberian tugas pengajuan soal dengan kombinasi tutorial online untuk meningkatkan pemahaman materi mata kuliah Fisika Dasar, keterampilan kelompok mahasiswa dalam mengajukan soal, keterampilan kelompok mahasiswa dalam melakukan input tugas pengajuan soal pada software, proses berpikir mahasiswa dalam mengajukan soal, tanggapan/sikap terhadap penerapan strategi pembelajaran kooperatif dan?é?á pemberian tugas pengajuan soal (problem posing) dengan kombinasi tutorial online. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Semarang. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester I B yang sedang menempuh kegiatan perkuliahan Fisika Dasar. Faktor yang akan diteliti berupa efektivitas pembelajaran yang ditunjukkan oleh terjadinya peningkatan pemahaman materi, keterampilan mengajukan soal, keterampilan melakukan input pengajuan tugas dalam software, serta tanggapan/sikap mahasiswa terhadap proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan dirancang dalam dua siklus dan bersifat kolaboratif berdasarkan pada permasalahan yang muncul dalam perkuliahan?é?á Fisika Dasar. Instrumen pengambilan data berupa tes prestasi belajar, tes (tugas) problem posing, angket mahasiswa, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari siklusI ke siklus II dan juga terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar. Hasil tes prestasi belajar juga menunjukkan ada peningkatan jumlah mahasiswa yang memiliki pemahaman materi termasuk kategori baik dengan skor di atas 80 dari dua orang mahasiswa menjadi lima orang (kurang dari 20%), dan tidak terjadi peningkatan jumlah mahasiswa (tetap 10 orang) yang memiliki pemahaman materi termasuk kategori cukup dengan skor antara 65-80. Berdasarkan hasil tes (tugas) pengajuan soal terjadi peningkatan jumlah kelompok mahasiswa yang terampil mengajukan soal dengan kategori baik, yaitu dari enam kelompok menjadi tujuh kelompok (lebih dari 20%). Berdasarkan angket, mahasiswa cenderung bersikap positif terhadap penerapan strategi pembelajaran yang dipilih. Proses berpikir mahasiswa dalam mengajukan soal dimulai dengan menerima data atau informasi dari keterangan dosen, membaca petunjuk tugas dan membaca informasi (membuka internet / blog). Kemudian dengan pengetahuan dan data yang ada mereka mengolah data. ?é?á Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Problem Posing, Pembelajaran Online

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...