Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas 3A. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan masalah pada konsep diri peserta didik ditandai dengan terlalu aktifnya peserta didik saat kegiatan pembelajaran. Meskipun pembelajaran dilakukan secara tematik, tetapi apabila dibandingkan muatan lain, muatan matematika masih menduduki urutan pertama yang kurang diminati oleh peserta didik. Sehingga penelitian ini difokuskan pada muatan matematika. Sikap terlalu aktif peserta didik menandakan rendahnya konsep diri peserta didik karena kurangnya perhatian yang didapatkan di rumah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut maka dipilihlah model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan konsep diri matematis pada peserta didik kelas 3A SD Supriyadi Semarang. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dari angket konsep diri yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan konsep diri matematis pada peserta didik kelas 3A SD Supriyadi Semarang yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan model TGT (Teams Games Tournament), selain dapat meningkatkan konsep diri peserta didik, juga dapat meningkatkan hasil belajar yang berupa kognitif dan psikomotor. Sehingga model TGT cocok digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dan mengasah sikap sportifitas peserta didik saat bertanding.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018