Masih tingginya jumlah siswa yangpasif dalam proses pembelajaran dan rendahnyahasil belajar merupakan cerminan pemahaman konsep yang masih rendah di kelas IXC SMPN40 Semarang tahun pelajaran 2011/ 2012. Berdasarkan data pengamatan, wawancara, angketdan dokumentasi yang diperoleh, maka alternative tindakan yang diambil adalah denganmenerapkan modelpembelajaran Student Facilitator and Eksplaining. Penelitian TindakanKelasini secara umum bertujuan meningkatkan pemahaman konsep materi Sistem Koordinasidan Alat Indra pada manusia. Tujuan khususnya adalah meningkatkan jumlah siswa yang aktifdalam pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian Tindakan kelas inidilaksanakan dengan 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah kinerja siswa, dalam pembelajaran, kinerja guru,hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap pelajaran. Pengamatan dilakukan oleh 3 pengamat,2menggunakan lembar pengamatan dilengkapi rubric penskoran, strategi yang digunakanpembelajaran kooperatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan sebuah model yangditerapkan dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.Dengan demikian modelpembelajaran Student Facilitator and Eksplaining dapat diterapkan untuk membelajarkanmateri?óÔé¼?ôSistem Koordinasi dan Alat Indra pada manusia?óÔé¼?Ø.Kata kunci :Student Facilitator and Eksplaining,Penguasaan konsep
Copyrights © 2012