Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 3, No 2 (2009)

MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN TEKNIK MENDONGENG UNTUK SISWA KELAS VII SMPN 6 SEMARANG

Tamsih Tamsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2012

Abstract

Pengajaran bahasa Indonesia berfungsi sebagai media untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia serta peningkatan penguasaan bahasa Indonesia.?é?á Salah satu aspek keterampilan berbahasa adalah berbicara.?é?á Berbicara merupakan keterampilan kompleks yang memerlukan sejumlah kemampuan yang berbeda perkembangannya dan dipergunakan dengan tepat.?é?á Mendongeng merupakan salah satu keterampilan berbicara secara lisan dan bersifat produktif.?é?á Kegiatan mendongeng ini sendiri sudah pasti menggunakan gaya bercerita yang menarik, dan intonasi yang tepat.?é?á Guru yang mahir mendongeng akan disukai oleh anak didiknya, karena melalui cerita dapat pula terjalin ikatan dan hubungan yang akrab.?é?á Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan bimbingan belajar dengan menggunakan teknik mendongeng untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada peserta didik di kelas VII SMPN 6 Semarang.?é?á Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mendongeng dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa dari 67 menjadi 81. ?é?á Kata kunci: keterampilan berbicara, teknik mendongeng

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...