TUNAS BANGSA
Vol 1 No 2 (2014)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA TEMA MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH

Rida Susanti (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2014

Abstract

Penelitian ini berjudul: Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Tema Makanan Sehat dan Bergizi Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 30 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, aktivitas guru dan hasil belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada tema makanan sehat dan bergizi di kelas IV SD Negeri 30 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dan analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV di SDN 30 Banda Aceh Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,79 (75,79%) dan pada siklus II sebesar 4,64 (92,80%). Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,50 (70%) dan pada siklus II sebesar 4,6 (92%). Hasil belajar pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,5 dan siswa yang tuntas mengikuti proses pembelajaran sebanyak 23 orang siswa (76,67%). Pada Siklus II, nilai rata-rata kelas yang dicapai oleh siswa sebesar 83 yang dituntaskan oleh 29 orang siswa (96,67%).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

tunasbangsa

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Bangsa Journal is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in the field of primary school education, critical study of teaching and learning for primary school, classroom action ...