Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 2, No 1 (2019)

PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTU PATEPIN TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Khoiriyah, Siti (Unknown)
Raiz, Rahmat (Unknown)
., Kiswoyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa sehingga tidak mencapai KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantu patepin terhadap hasil belajar tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-eksperimental Designs dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest 57,81 menjadi 76,47 pada posttest. serta   thitung 12,96 lebih besar dari pada ttabel 2,021. Berdasarkan analisis data pada perhitungan ketuntasan belajar pretest-posttest meningkat 50% siswa yang tuntas. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantu patepin memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IV SDN Sukorejo Semarang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...