Quagga
Vol 12, No 2 (2020)

Profil Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Konsep Bakteri Kelas X MIPA Di Kota Tasikmalaya

Syarif Hidayat (Universitas Siliwangi)
Yulanda Nur Rojabi (Universitas Siliwangi)
Nida Audia Rahmawati (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Metakognitif adalah suatu tingkatan dalam proses berpikir yang digunakan peserta didik untuk memecahkan suatu permasalahan, memiliki kesadaran terhadap proses berpikirnya dan mengontrol cara berpikirnya. Peserta didik yang menggunakan metagoknitifnya ketika memecahkan suatu permasalahan akan lebih berhasil dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan metakognitifnya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan metakognitif peserta didik SMA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran bakteri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Partisipan adalah kelas X MIPA 5 di Kota Tasikmalaya sebanyak 40 peserta didik. Partisipasi ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data keterampilan metakognitif dilakukan dengan wawancara. Berdasarkan hasil wawancara peserta didik yang melakukan keterampilan metakognitif pada tahap planning sebesar 43.3%, monitoring sebesar 48.5% dan evaluating  sebesar 56.9%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan metakognitif peserta didik SMA Terpadu di Kota Tasikmalaya pada mata pelajaran biologi sudah berkembang namun belum ditingkatkan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...