Quagga
Vol 12, No 2 (2020)

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI METODE POE (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN) DISERTAI NILAI KARAKTER MATERI SISTEM RESPIRASI

Ni Nyoman Ernita Dewi (Universitas Muhammadiyah Metro)
Handoko Santoso (Universitas Muhammadiyah Metro)
Agil Lepiyanto (Universitas Muhammadiyah Metro)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2020

Abstract

Abstrak:       Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan modul biologi metode POE (Predict, Observe, Explain) disertai nilai karakter materi sistem respirasi yang layak.  Nilai karakter yang ditampilkan pada modul ini yaitu nilai karakter jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan rasa ingin tahu. Penambahan nilai karakter pada modul bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi generasi yang memiliki karakter yang baik untuk menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Penambahan Metode POE (Predict Observe Explain) juga memiliki kelebihan yaitu peserta didik mampu berpikir kreatif untuk mengemukaan prediksi terhadap suatu permasalahan yang muncul dan memacu peserta didik untuk membuktikan prediksinya dengan upaya penyelidikannya dan mendukung ilmu pengetahuan yang dipelajarinya. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan model pengembangan yang disarankan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu model 4-D, tetapi hanya sampai tahapan develop karena keterbatasan waktu dan biaya. Teknik analisis data menggunakan angket yang di ujicobakan ke peserta didik sebagai uji coba kelompok kecil, sebelum diujicobakan pada kelompok kecil, telah dilakukan validasi oleh para ahli dan telah revisi, dengan persentase nilai dari ahli desain 86%, ahli materi 90%, dan uji coba kelompok kecil dengan persentase 86%. Hasil presentase menunjukkan bahwa produk ini dikatagorikan sangat baik untuk kriteria kelayakan pada modul dan keterbacaan modul.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...