Quagga
Vol 12, No 2 (2020)

Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X

Risti Hilda Fadlika (Universitas Siliwangi)
Rima Mulyani (Universitas Siliwangi)
Trisna Nur Sari Dewi (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

Berdasarkan hasil PISA pada tahun 2018 capaian kemampuan literasi sains Indonesia menempati posisi 70 dari 78 negara. Hal ini membuktikan bahwa secara umum kemampuan literasi sains siswa Indonesia masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan literasi sains berdasarkan gender pada siswa kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA yang berjumlah 6 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 4 kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan literasi sains siswa tergolong kategori sedang. Dimana kemampuan mengidentifikasi permasalahan ilmiah siswa yang menjawab soal dengan benar paling tinggi adalah siswa laki-laki daripada siswa perempuan yaitu sebesar 76,92% sehingga dikategorikan tinggi. Sedangkan untuk kemampuan menjelaskan fenomena ilmiah siswa yang menjawab soal dengan benar paling tinggi adalah perempuan yaitu sebesar 68,15% sehingga dikategorikan sedang dan kemampuan menggunakan bukti-bukti ilmiah siswa yang menjawab soal dengan benar paling tinggi juga perempuan yaitu 59,52% sehingga dikategorikan rendah. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

The Quagga Journal (p-ISSN 1907-3089; e-ISSN 2615-5869) is a journal managed by the Biological Education Study Program, Faculty of Teachers Training and Education Universitas Kuningan (FKIP UNIKU). This journal is issued twice a year (January and July) publishing articles from analytical studies ...