Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa tidak berani bertanya terhadap materi pelajaran yang tidak dipahami dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe questions students have lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN. Desain penelitian ini adalah penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN. Terpilih menjadi kelas sampel adalah kelas VIII.8 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 0,2159 dan ttabel 1,671 dapat disimpulkan H0 yaitu pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe questions students have hampir sama dengan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pemebelajaran konvensional di kelas VIII SMPN
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020