Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa cenderung lupa dengan apa yang telah diajarkan sebelumnya. Guru belum sepenuhnya mengadakan pembelajaran remedial dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan hasil kuis matematika siswa dan apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran remedial lebih baik daripada tanpa pembelajaran remedial pada siswa kelas VIII SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay dengan reliabilitasnya 0,73. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung =dan =1,67, dengan ?=0,05, karena thitung > () maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran remedial lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan tanpa pembelajaran remedial di kelas VIII SMPN 2 Panti Kabupaten Pasaman.
Copyrights © 2020