Jurnal Pendidikan Matematika RAFA
Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Matematika RAFA

PMRI dengan Metode Inquiry Diimplementasikan pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Lubuklinggau

Siska Rizki Epriyani (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)
Nur Fitriyana (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)
Reny Wahyuni (Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan PGRI Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan metode inquiry. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding. Populasi seluruh siswa kelas VII MTs di Lubuklinggau yang terdiri dari 369 siswa dan sebagai sampel adalah kelas VII.7 dengan 34 siswa yang diambil secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan sebesar α = 0,05, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTs di Lubuklinggau setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan metode inquiry dapat diimplementasikan dengan baik. Rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah setelah diberikan perlakuan sebesar 73,35% termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpmrafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Matematika RAFA is a double blind peer-reviewed journal which is published by Mathematics Education Study Programme of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of Islamic State University of Raden Fatah Palembang. This journal publishes current concept and research papers on in the ...