Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA
Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan MIPA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SETELAH PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERMUATAN ETNOSAINS

., Defiyanti (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2020

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan abad ke 21. Beberapa peneliti menyampaikan bahwa salah satu model pembelajajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan respon peserta didik setelah diterapkannya model PBL berbantuan LKPD bermuatan etnosains pada materi reaksi redoks. Penelitian ini adalah  studi kasus dengan desain single holistic. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X-MIPA 1 SMAN 10 Semarang yang berjumlah 36 orang yang dipilih secaara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi dan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah sebesar 62,6 dan termasuk dalam kategori cukup. Indikator berinteraksi dengan rang lain dapat berkembang dengan baik, namun indikator menentukan induksi masih dalam kategori rendah. Peserta didik juga  memberikan respon positif terhadap penerapan model PBL berbantuan LKPD bermuatan etnosains.

Copyrights © 2019