Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 9, No 1 (2019): PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS XII SMKN 3 BANJARMASIN

Adi Sutrisno (Universitas Lambung Mangkurat)
Harpani Matnuh (Universitas Lambung Mangkurat)
Heru Puji Winarso (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai kewirausahaan yang di integrasikan dalam pembelajaran PKn pada siswa, mengetahui pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dalam pembelajaran PKn pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dipilih secara “purposive sampling”, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknis observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Nilai-nilai kewirausahaan yang diintegrasikan dalam pembelajaran PKn yaitu pengintegrasian nilai kemandirian, nilai kreatif (kreativitas belajar), nilai percaya diri, nilai kerja sama, nilai kerja keras, dan nilai kedisiplinan. (2) Pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dikelas dilakukan dengan cara mengaitkan materi PKn dengan nilai kewirausahaan dalam pembelajaran, memberi motivasi dan nasehat, menggunakan metode tanya jawab dan diskusi saat pembelajaran dan menggunakan model serta media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan agar guru PKn dapat meningkatkan model pembelajaran PKn berbasis nilai kewirausahaan dan karakter yang mampu membentuk atau sikap kreatif dan mandiri pada siswa saat pembelajaran PKn di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru PKn. Kata Kunci: Integrasi, Nilai Kewirausaa, Pembelajaran PKn 

Copyrights © 2019