Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 2 (2020): Mei

PENGEMBANGAN KARAKTER MANDIRI ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BATOH BANDA ACEH

Melda Sari (Mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Syiah Kuala)
Anizar Ahmad (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)
Rahmi . (Dosen FKIP Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2020

Abstract

Karakter mandiri merupakan perilaku yang sangat penting dikembangkan di usia dini dengan memiliki sikap yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan karakter mandiri anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian 4 orang anak yang berusia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memiliki sikap dan perilaku yang tidak mudah bergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas yaitu anak sudah mandiri meletakkan sepatu di rak,  anak sudah mandiri membuang sampah pada tempatnya dan anak sudah mandiri membereskan alat main yang digunakan setelah bermain. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karakter mandiri anak usia 4-5 tahun di kelas A TK Aisyiyah Bustanul Athfal Batoh Banda Aceh sudah optimal yang ditunjukkan dari aktivitas kegiatan anak dalam meletakkan sepatu di rak, membuang sampah dan membereskan alat main yang digunakan setelah bermain. Penulis menyarankan agar guru lebih kreatif dalam pengembangan karakter mandiri pada anak.Kata Kunci: karakter, kemandirian, anak usia dini

Copyrights © 2020