Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020

Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan

Iska Agustina (Universitas negeri malang)
Abd Qohar (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Pemahaman matematis adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Namun demikian pemahaman matematis siswa secara umum masih rendah. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA F4 SMAN 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi turunan. Hasil dari tes pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70.1 menjadi 85.54 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan untuk para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa supaya siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...