Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran pembelajaran bahasa dalam pembentukan karakter para siswa sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi bagi para guru sekolah dasar, khususnya guru kelas rendah untuk menjadikan bahasa sebagai salah satu sarana pembentukan karakter anak. Penelitian ini merupakan kajian teoretis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian  menunjukan bahwa pembelajaran bahasa di sekolah dasar khususnya di kelas rendah, sangat berperan besar  dalam pembentukan karakter anak, seperti karakter ramah, sopan santun, percaya diri,  menghargai orang lain, nasionalisme, dan saling menghormati, baik itu melalui bahasa ibu maupun bahasa Indonesia selaku bahasa nasional. Pembentukan karakter dalam pembelajaran bahasa pada siswa sekolah dasar kelas rendah tersebut tidak hanya melalui materi ajar, model pembelajaran, dan penilaian otentik, tetapi juga melalui contoh perilaku dari guru, pembiasaan, dan suasana belajar yang aktif, kreatif, menarik, dan menyenangkan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020