Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase dari masing-masing jenis kesalahan siswa dan kesalahan yang paling sering dilakukan siswa dari soal cerita materi Program Linear berdasarkan prosedur Polya. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tertulis berupa soal cerita Program Linear. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Kota Serang tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Serang dalam menyelesaikan soal cerita Program Linear berdasarkan prosedur Polya yaitu Kesalahan memahami masalah soal cerita Program Linear sebesar 11,35% dengan kategori sangat rendah; Kesalahan membuat perencanaan sebesar 21,28% dengan kategori rendah; Kesalahan melaksanakan perencanaan sebesar 29,79% dengan kategori rendah; Kesalahan mengecek kembali sebesar 37,59% dengan kategori rendah; Kesalahan paling banyak dilakukan siswa terletak pada kesalahan mengecek kembali sebesar 37,59%.
Copyrights © 2020