Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan
Vol 20, No 2 (2020)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Topik Interaksi Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Siti Ismiati (S2 Pendidikan Dasar Unesa)
Nasution Nasution (Pascasarjana Pendidikan Dasar Unesa)
Waspodo Tjipto Subroto (Pascasarjana Pendidikan Dasar Unesa)



Article Info

Publish Date
12 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning yang berkualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK). Subjek uji coba penelitian adalah 35 siswa di SDN Karah III Surabaya. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model Problem Based Learning berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Bahan Ajar Siswa (BAS), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Tes Keterampilan Berpikir Kritis (TKBK) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan valid dengan kriteria sangat baik. Kepraktisan pada uji coba lapangan mencapai kategori sangat baik.. Keefektifan perangkat yang dikembangkan terlihat dari meningkatnya hasil pada tes keterampilan berpikir kritis dengan diperoleh N-gain 0,70 termasuk dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2020