Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas 7 SMP Al-Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung , ternyata terdapat masalah berkenaan dengan kedisiplinan dan kreativitas siswa, yaitu masih rendahnya siswa dalam mentaati peraturan-peraturan sekolah dan kurangnya kreativitas siswa dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Padahal secara teoritis, kedisiplinan dan kreativitas sangat diperlukan dalam meningkatkan suatu kehidupan yang teratur dan meningkatkan prestasi dalam belajar karena sifatnya yang mengatur dan mendidik siswa untuk belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa, untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas siswa, dan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan dan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan berlandaskan pada filsafat positivisme. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 49,6%. Sedangkan pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas siswa sebesar 25,3%. Dan pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan dan kreativitas sebesar 51,7%.
Copyrights © 2020