Jurnal Analisa
Vol 6, No 1 (2020): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2020

Pemahaman matematis melalui metaphorical thinking berbantuan aplikasi Powtoon

Didah Husnul Aidah (Unknown)
Nunung Sobarningsih (Unknown)
Yayu Nurhayati Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa setelah menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental  dengan desain Nonequivalent pretest-posttest control group design.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII salah satu sekolah menengah pertama di Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data N-gain diperoleh  bahwa rata-rata N-gain tes kemampuan pemahaman yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbantuan aplikasi powtoon adalah 0,64  dan rata rata pembelajaran konvensional adalah 0,44. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran metaphorical thinking berbaantuan aplikasi powtoon dengan pembelajaran konvensional. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

analisa

Publisher

Subject

Education

Description

Journal Analysa Is a Journal published by Department Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Starting Year 2013. Emphasizing On Aspects Related to Mathematics Learning Include: Curriculum, Strategy / Method, Learning Media, Evaluation, ...