BUAH HATI
Vol. 2 No. 1 (2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA SEMPOA DI TK AL-IKHLAS LAMLHOM KECAMATAN LHOKNGA ACEH BESAR

Safriani (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Ayi Teiri Nurtiani (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2015

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan berhitung anak yang dipengaruhi oleh kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Dari latar belakang masalah tersebut maka timbullah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah media sempoa dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhlas Lamlhom kecamatan Lhoknga Aceh Besar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media sempoa pada anak usia 5-6 tahun di Tk Al-Ikhlas Lamlhom Aceh Besar pada tahun pelajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini anak kelompok B1 yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Metode penelitian ini menggunakan tindakan kelas (Classroom action research), dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus melalui perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi anak. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung dengan menggunakan media sempoa pada setiap siklusnya. Pada siklus I 7% anak berkembang sangat baik (BSB), 49% anak berkembang sesuai harapan (BSH), dan 44% anak mulai berkembang (MB). Pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu 65% anak berkembang sangat baik dan 35% anak berkembang sesuai harapan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

buahhati

Publisher

Subject

Education

Description

Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836 and p-ISSN 2355-102X) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.Any visitor to this site can browse abstracts, read ...