BUAH HATI
Vol. 4 No. 1 (2017)

PENERAPAN METODE MENGHAFAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA SISWA KELAS RENDAH (III) SD NEGERI 7 LINGE

Millata Zamana (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Siti Rosnawati (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2017

Abstract

Salah satu tolok ukur keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar adalah prestasi belajar.Hasil prestasi siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya siswa, metode, strategi pembelajaran, media pembelajaran, bahan/materi, dan lingkungan belajar.Tanpamereka sadari bahwa ilmu Agama merupakan kunci utama sebagai bekalkehidupan, terutama yang bersumber dari al-Qur‟an. Karena kurang kesadaranakan pentingnya ilmu Agama, maka dalam pembelajaran Pendidikan AgamaIslam (PAI) di kelas III SD 7 Linge mengalami banyak kendala, terutama yang berhubungandengan membaca dan menghafal surat-surat pendek. Oleh sebab itu pembelajaranmenghafal surat-surat pendek ini sangat mengalami kesulitan.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah di atas adalah dengan menerapkan suatu metode pembelajaran yang sesuaidengan materi menghafal ayat-ayat pendek yaitu metode menghafal.Fokus penelitian ini adalah penerapan metode menghafal untuk meningkatkan hasil belajar materi hafalan surat-surat pendek pada siswa kelas III SD Negeri 7 Linge.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Menghafal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hafalan Surat-Surat Pendek Pada Siswa Kelas III SD Negeri 7 Linge.Pendekatan Kualitatif dan kuantitafif dengan metode Penelitian tindakan kelas ini dipilih model spiral dari Kemmisdan Taggart.Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat pada nilai ketuntasan setiap siklus. Jumlah siswa yang tuntas pada setiap siklus yaitupra siklus ada 2 siswa atau 13,3%, siklus I 8 siswa atau 63,3% dan siklus II 12 siswa atau 80% dan keaktifan siswa yang terlihat dari nilai ketuntasan keaktifan siswa yaitu siklus I 10 siswa atau 46,7% dan siklus II 13 siswa atau 86,7%, hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II siswa dominan aktif dalam proses belajar mengajar.Dapat disimpulkan bahwa metode menghafal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghafal surat-surat pendek.Sebaiknya guru Al-Qur‟an Hadits menambah wawasan dengan mengikuti beberapa pelatihan dan seminar tentang strategi pembelajaran yang dapat dikembangkan di kelasnya sehingga mampu mencapai hasil optimal dan untuk siswa sebaiknya meningkatkan lagi kemampuan belajar dengan belajar dengan teman lain sekolah yang lebih maju teknik pembelajarannya.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

buahhati

Publisher

Subject

Education

Description

Buah Hati Journal (e-ISSN 2502-6836 and p-ISSN 2355-102X) is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in early childhood education.Any visitor to this site can browse abstracts, read ...