Visipena
Vol 6 No 2 (2015)

EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Aprian Subhananto (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuimanakah yang menghasilkan prestasi belajar lebih baik, model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan realistik, atau pembelajaran metode ekspositori?Jenis Penelitian ini adalah penelitian true experimental design dengan sampelpopulasi siswa SMP Negeri 3 Bodeh.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 72 siswa, dengan rincian 36 siswa pada kelas kontrol, 36 siswa pada kelas eksperimen.Instrumen penelitian ini adalahtes kemampuan pemecahan masalah. Uji coba instrumen tes meliputi Analisis butir tes (reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas). Uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas variansi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai standar KKM, lebih dari 74,5% siswa mendapat nilai tes kemampuan pemecahan masalah minimal 64,5, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

visipena

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be published on Visipena should follow the focus and scope of this journal. The scope of this journal is ...