Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI METODE DISKUSI DENGAN PENERAPAN TUTOR SEBAYA DALAM MENENTUKAN OPERASI PECAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VI (Penelitikan Tindakan Kelas di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang)

Nani Suryani (SDN 1 Kadurama)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan banyaknya siswa belum memahami tentang konsep pecahan, namun siswa enggan pula mengajukan pertanyaan kepada guru, namun mereka sering terlihat saling bertanya antar siswanya.  Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Pemahaman   Siswa  Melalui Metode Diskusi dengan Penerapan Tutor Sebaya dalam Menentukan Operasi Pecahan”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN I Kadurama Kecamatan Ciawigebang, kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengenai operasi hitung pecahan meningkat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada pra siklus 5,1 pada siklus I 6,1 serta pada siklus II 8,3. Jadi, terdapat rerata kenaikan sebesar 1,66  nilai rata – rata terendah siklus I 4 dan pada siklus II naik 6. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa termasuk kategori sangat tinggi, Penggunaan model pembelajaran Didkusi Tutor Sebaya pun sangat berguna untuk meningkatkan aktivitas siswa, karena dengan model pembelajaran ini pelajaran matematika tidak menjadi sulit dan membosankan. Kunci  : operasi pecahan, metode diskusi, tutor sebaya 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...