Pendidikan di bidang ini selalu mendapatkan perhatian dari beberapa bidang yang akan di garap, perhatian semacam itu adalah sebagai upaya membentuk watak dan untuk mempertinggi budi pekerti yang sebagai modal utama dalam melaksanakan pembangunan nasional. Dalam hal ini penulis lebih menekankan pada pendidikan keluarga, karena keluarga adalah suatu bentuk kecil dari masyarakat dan merupakan lembaga informasi yang berperan penting dalam kaitannya dengan masalah pendidikan. Prestasi belajar menunjukkan tingkat belajar dicapai dalam kegiatan belajar. Sedangkan belajar merupakan kegiatan atau aktivitas untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh siswa. Sedangkan prestasi belajar adalah “hasil yang dicapai setelah mengikuti pendidikan tertentuâ€. Anak yang ketika belajar di SMP mempunyai prestasi yang baik namun ketika melanjutkan kesekolah lanjut mulai tertatih-tatih. Masalahnya ada ketidakcocokan antara gaya belajar siswa dengan gaya mengajar gurunya. Gejala ini sangat menonjol pada pengajaran karena pada pengajaran yang diberikan berganti dari sangat visual menjadi audiditorial. Oleh karena itu peranan model belajar VAK (Visual, Auditorial dan Kinestatik) dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat diterapkan untuk meningkatkan keberhasilan anak didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan, dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru PKn. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII SEMESTER II di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2014/2015. penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Februari sampai bulan Maret 2014, yang menjadi objek penelitian adalah guru PKn, tempat penelitian dilaksanakan dan yang menjadi obyek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa.prestasi belajar yang diperoleh dengan menggunakan Model Belajar VAK pada setiap siklus adalah nilai rata-rata siklus 1: 56,22, siklus 2 : 74,66 dan siklus 3 : 84.Kata Kunci; Model Pembelajaran VAK
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016