Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3, No 2 (2016): Pedagogi

PELAKSANAAN MODEL BELAJAR VAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEDAULATAN PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 CINIRUKABUPATEN KUNINGANTAHUN PELAJARAN 2014/2015

., Sarbini (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2016

Abstract

Pendidikan di bidang ini selalu mendapatkan perhatian dari beberapa bidang yang akan di garap, perhatian semacam itu adalah sebagai upaya membentuk watak dan untuk mempertinggi budi pekerti yang sebagai modal utama dalam melaksanakan pembangunan nasional. Dalam hal ini penulis lebih menekankan pada pendidikan keluarga, karena keluarga adalah suatu bentuk kecil dari masyarakat dan merupakan lembaga informasi yang berperan penting dalam kaitannya dengan masalah pendidikan. Prestasi belajar menunjukkan tingkat belajar dicapai dalam kegiatan belajar. Sedangkan belajar merupakan kegiatan atau aktivitas untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi oleh siswa. Sedangkan prestasi belajar adalah “hasil yang dicapai setelah mengikuti pendidikan tertentu”. Anak yang ketika belajar di SMP mempunyai prestasi yang baik namun ketika melanjutkan kesekolah lanjut mulai tertatih-tatih. Masalahnya ada ketidakcocokan antara gaya belajar siswa dengan gaya mengajar gurunya. Gejala ini sangat menonjol pada pengajaran karena pada pengajaran yang diberikan berganti dari sangat visual menjadi audiditorial. Oleh karena itu peranan model belajar VAK (Visual, Auditorial dan Kinestatik) dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah dapat diterapkan untuk meningkatkan keberhasilan anak didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan, dimana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru PKn. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII SEMESTER II di SMP Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2014/2015. penelitian ini dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Februari sampai bulan Maret 2014, yang menjadi objek penelitian adalah guru PKn, tempat penelitian dilaksanakan dan yang menjadi obyek adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 45 siswa.prestasi belajar yang diperoleh dengan menggunakan Model Belajar VAK pada setiap siklus adalah nilai rata-rata siklus 1: 56,22, siklus 2 : 74,66 dan siklus 3 : 84.Kata Kunci; Model Pembelajaran VAK

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...