Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SILABUS DAN RPP MELALUI SUPERVISI MANAGERIAL YANG BERKELANJUTAN

Saryonah . (SDN 2 Tangkolo)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Penilitian ini dilaksanakan  di SD Negeri 2 Tangkolo Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan, yang betujuan untuk mengetahui  pelaksanaan supervisi managerial berkelanjutan, dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP, meningkatkan kinerja guru dalam mengelola kelas., meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pada tabel diatas, dapat diketahui adanya peningkatan kuantitas dan kualitas silabus dan RPP  pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Untuk silabus skor rata-rata pada prasiklus sebesar 47,5%. Hasil tersebut masih dibawah 70%. Skor rata-rata tes pada siklus I sebesar 63,8%. Hasil tersebut sudah ada peningkatan tetapi masih dibawah angka 70%. Skor rata-rata pada siklus II sebesar 90,1. Hasil tersebut sudah berada di atas angka 70%. Persentase peningkatan hasil rata-rata pada prasiklus ke siklus II sebesar  26,3%.            Sedangkan untuk RPP skor rata-rata untuk prasiklus 42,% hasil tersebut masih dibawah 70%,  untuk rata-rata siklus I adalah 59,9% hal ini sudah ada peningkatan tetapi masih berada di bawah angka 70%, dan untuk rata-rata siklus II adalah 89%, setelah siklus II ada peningkatan yang sangat bagus yaitu 46,4%.   Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa kuantitas dan kualitas silabus dan RPP di SD Negeri 2 Tangkolo berhasil dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata tes pada prasiklus, siklus, dan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan setelah pelaksanaan supervisi manajerial yang berkelanjutan selesai dilaksanakan. Kata Kunci; Kompetensi Guru, Supervisi Manajerial

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...