Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 6, No 1 (2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBANDINGKAN DUA BILANGAN CACAH SISWA KELAS II B SD NEGERI PAJAMBON

Eli Laeli Warlina (SD Negeri Pajambon Kuningan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2020

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) ini berjudul ”Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Membandingkan Dua Bilangan Cacah Siswa Kelas II B SD Negeri Pajambon”. Tujuannya adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus perbaikan, dan masing-masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II B SD Negeri 4 Pajambon Kabupaten Kuningan tahun 2018 dengan jumlah 20 siswa pada pembelajaran membandingkan dua bilangan cacah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 siklus dan 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes tanya jawab, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian pada tes evaluasi pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 61, prosentase ketuntasan sebesar 20%, sedangakan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 68,5 dan prosentase ketuntasan sebesar 30%. Sedangkan pada siklus II rata-rata kelas pada pertemuan 1 sebesar 77 dengan prosentase ketuntasan sebesar 70%, pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 84 dengan prosentase ketuntasan sebesar 85%. Dari hasil di atas, maka nilai dan prosentase ketuntasan selalu mengalami kenaikan pada setiap siklusnya, baik pertemuan 1 maupun pertemuan 2. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar membandingkan dua bilangan cacah siswa kelas II B SD Negeri Pajambon.Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...