Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 1 (2017)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASARMENDESKRIPSIKAN SISTEM TATA SURYA DAN POSISI PENYUSUN TATA SURYA MELALUI PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA

Nani Henriyani (SDN 1 Bakom)



Article Info

Publish Date
29 May 2017

Abstract

Permasalahan pembelajaran IPA di SD Negeri 1 Bakom Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan adalah guru dalam pembelajaran belum menggunakan multimedia belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif serta belum menggunakan model kooperatif tipe picture and picture hanya penguasaan konsep-konsep saja dan belum dikaitkan media nyata yang ada di sekitar siswa. Kemampuan berpikir siswa kurang dioptimalkan menjadi lebih kritis dan lebih aktif melalui kerja sama sehingga  hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penerapan picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa? Pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakom Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan dalam pembelajaran IPA melalui penerapan picture and picture. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnya dalam materi sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Bakom, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, yang terdiri dari 40 siswa yaitu 26 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan mulai bulan Maret s.d April Tahun Pelajaran 2013/2014. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) penguasaan materi dapat dilakukan melalui media gambar dengan bukti pada pra siklus 52.82 siklus I 61.54 dan pada siklus II 87.31. (2) Aktivitas siswa yaitu dari pra siklus 90 %, siklus I 58 % dan siklus II 0 %. Simpulan penelitian ini adalah melalui penerapan picture and picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran IPA. Saran adalah guru dapat menggunakan model picture and picture untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain dan kelas lain. Kata kunci: Kualitas pembelajaran IPA, penerapan picture and picture.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...