Pedagogi : Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 4, No 2 (2017)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA CONTOH KERJASAMA DI LINGKUNGAN TETANGGA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS III SDN UNGGULAN KUNINGAN KAB.KUNINGAN

S.Pd, Aisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2018

Abstract

Proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada contoh kerjasama di lingkungan tetangga memerlukan teknik pembelajaran yang baik dan diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang jelas dan bermakna,  sesuai dengan salah satu tujuan mata pelajaran IPS agar peserta didik memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan (Depdiknas, 2006). Perlu disadari bahwa pembelajaran untuk menjelaskan fakta dan peristiwa  kenyataan di lapangan masih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga pemahaman siswa terhadap materi kerjasama di lingkungan tetangga kurang maksimal. Selain itu KKM mata pelajaran IPS di kelas III SDN Unggulan Kuningan Kabupaten Kuningan telah ditetapkan 7,5. Upaya yang dilakukan guru untuk merealisasikan harapan tersebut adalah dengan mengoptimalkan peralatan yang ada di sekolah dan kemampuan siswa menyesuaikan diri dengan lingkungannya di sekolah dan lingkungan tetangganya. Siswa memberikan contoh kerjasama di lingkungan tetangga. Dengan memaksimalkan media ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus dengan pengumpulan data berasal dari data observasi, wawancara dan tes tulis. Berdasarkan hasil analisis PTK ini, diperoleh hasil yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas III SDN Unggulan Kuningan kabupaten Kuningan tahun pelajaran 2015/2016 dari 50% pada siklus 1 menjadi 62% pada siklus 2, atau terjadi kenaikan sebesar 12% setelah diadakan penelitian tindakan  melalui contoh kerjasama di lingkungan tetangga dengan menggunakan metode kooperatif adanya perubahan tingkah laku dalam pembelajaran kerjasama dengan tetangga. Kata Kunci: Hasil Belajar, Contoh Kerjasama Dengan Tetangga, Model Pembelajaran Kooperatif. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan (P-ISSN 2407-4837, E-ISSN 2614-1728) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kuningan (PGSD FKIP UNIKU), Indonesia. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun (Mei & ...