Latar belakang peneltian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pda mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III sD Widarasari. Metodologi penelitian menggunakan Penelitian Tindakan kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian Hasil tes evaluasi siklus I pertemuan 1 memperoleh rata-rata kelas sebesar 68,5, prosentase ketuntasan sebesar 30%, sedangkan pada pertemuan 2 rata-rata kelas sebesar 69,0 dan prosentase ketuntasan sebesar 60%.  Hasil penelitian pada siklus II pertemuan 1, diperoleh rata-rata kelas sebesar 76,5  dengan   prosentase   ketuntasan  sebesar  70%,  siklus II pertemuan 2 diperoleh rata-rata kelas sebesar 85,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 86,5%.  Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas, maka penulis menyimpulkan bahwa penggunaan metode role play dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III SD Negeri Widarasari. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata hasil belajar meningkat Kata Kunci; Metode Role Playing, Prestasi Belajar
Copyrights © 2018