Untuk membelajarkan siswa sesuai dengan cara gaya belajar mereka sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal ada berbagai model pembelajaran. Pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu tipe pembelajaran yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 (dua) sikklus, bertujuan untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Inkuiri dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Al Quran tentang Kelestarian Lingkungan Hidup Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Luragung. Hasil Observasi aktivas guru dan siswa selama pembelajaran dengan model Inkuiri juga mengalami peningkatan, yaitu : Bentuk-bentuk keaktifan belajar siswa dapat diklasifikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti mendengarkan penjelasan guru, mengemukakan pendapat, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, aktif berdiskusi dengan teman, memiliki keberanian dan memiliki kemandirian dalam belajar untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Hal tersebut dilakukan siswa atas kehendak siswa sendiri tanpa adanya tekanan dari guru atau pihak lainnya. Bentuk keaktifan lainnya terdapat dari beberapa sudut pandang yaitu dilihat dari sudut pandang aktivitas belajar siswa, aktivitas guru mengajar, program belajar, suasana belajar dan sarana belajar, Hasil observasi siklus I dengan keberhasilan : 55.1% , siklus II dengan keberhasilan: 88.4 %, juga hasil observasi akivitas siswa selama pembelajaran meningkat pada siklus I: dengan keberhasilan: 54.6 %, siklus II dengan keberhasilan : 98.8%. Bila dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Al Quran tentang Kelestarian Lingkungan Hidup pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Luragung mengalami peningkatan hasil belajar dari Pra Siklus, siklus I sampai Siklus II yaitu pada Pra siklusĀ yang tuntas 14 siswa dari 30 siswa dengan prosentase ketuntasan belajar sebelum tindakan (Pra Siklus ) 46.67%, pada siklus I yang tuntas 18 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 60 % dan untuk Siklus II yang tuntas 27 siswa dari 30 siswa dengan prosentasi ketuntasan belajar 90% Dengan demikian Model Pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Luragung dalam belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Materi Al Quran, Kelestarian Lingkungan Hidup
Copyrights © 2016